Senin, 05 Desember 2011

Kunjungan Toyota

Pada tahun 2010 kami melakukan kunjungan kuliah/studi tour yang PT.Multi Astra yang bekerja sama dengan PT.Toyota-Astra Motor yang terletak di kawasan industri di daerah tangerang. kami mengajukan beberapa pertanyaan disana, berikut pertanyaan tersebut:
T: Sejak Kapan perusahaan ini didirikan di Indonesia?
J: perusahaan ini didirikan di indonesia sejak 15 Juli tahun 2003
T: apa saja keunggulan dari produk-produk yang dibuat perusahaan ini?
J: banya, ada banyak keunggulan dari produk-produk yang kami buat. Contohnya dari segi kenyamanan, teknologi, serta keamanan.
T: apa saja keunggulan dari segi Teknologi di bagian elektronika?
J: dalam segi elektronika kami memiliki Teknologi Mesin Common Rail, skema Teknologi Common Rail

yaitu Bahan bakar yeng telah di beri tekanan oleh supply pump disimpan di dalam common-rail sebelum didistribusikan ke injector-injektor. ECU (Electronic Control Unit) dan EDU (Electronic Driving Unit) mengontrol volume dan waktu injeksi bahan bakar ke tingkat yang optimal dengan cara mengoperasikan dan menutup injektor-injektor sesuai dengan sinyal-sinyal dari sensor-sensor. Proses ini serupa seperti pada system EFI yang digunakan pada mesin bensin.
T: apakah elektronika dapat berperan penting dalam segi keselamatan?
J: ya, elektronika juga berperan penting karena kami mengandalkan ETCS-i (Electronic Throttle Control System-intelligent) dalam segi keamanan yang menggunakan salah satu konsep elektronika
T: apa itu ETCS-i?
J: ETCS-i adalah sistem yang menggunakan komputer untuk mengontrol bukaan throttle valve secara elektronik.
Bukaan throttle valve konvensional dikontrol langsung dengan kabel dari pedal gas ke throttle valve untuk buka dan tutup. Pada sistem ini, kabel dihilangkan, dan ECU mesin menggunakan motor kontrol throttle untuk mengatur sudut bukaan ke jumlah optimal sebagai respon kepada tingkat diangkatnya pedal gas. Sebagai tambahan, sudut bukaan pedal gas dideteksi oleh accelerator pedal position sensor, dan sudut bukaan throttle valve dideteksi oleh throttle position sensor.
Sistem ETCS-i terdiri dari accelerator pedal position sensor, ECU mesin dan throttle body. Throttle body memiliki throttle valve, motor kontrol throttle, throttle position sensor dan komponen lain
T: terima kasih atas waktu yang bapak berikan untuk wawancara kami, kami berterima kasih banyak.
J: ya sama-sama, semoga ilmu yang bapak berikan dapat bermanfaat untuk kalian semua.
T: Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar